Sapi Ungu

“Mama, mama, lihat! Lihat! Ada sapi, Ma! Besar ya, Ma.” Kata Aldo yang sedang duduk di dalam mobil ketika sedang dalam perjalanan ke suatu tempat wisata.

“Oh, iya Aldo, tadi Mama nampak kok,” jawab Mamanya dengan raut wajah tidak tertarik, “Itu hanya ‘sapi biasa’ aja kok, Do. Tidak ada yang menarik. Lebih bagus kamu istirahat aja di dalam mobil, tidur sejenak. Kita 2 jam lagi baru nyampe.”

“Iya deh, Ma.” jawab Aldo, “tapi kalau nanti Mama lihat sapi yang warna lain seperti warna ungu, Mama bangunin Aldo ya, Ma.” Mama Aldo pun bingung dengan perkataan Aldo. Namun ia hanya mengiyakannya agar anaknya segera istirahat sampai mereka tiba di tempat wisata tujuan mereka.

Dari cerita di atas, mungkin pembaca akan bingung. Lho? Kok sapi ungu? Bukannya sapi hanya berwarna coklat atau hitam dan putih saja,ya?? Kenapa Aldo tidak minta dibangunkan kalau ada sapi coklat?

sapi ungu

Pelajaran yang bisa kita dapatkan dari cerita di atas adalah : untuk menjadi “sesuatu” yang bisa “dilirik” orang banyak kita harus mempunyai 3 sifat. Yang pertama authentic/murni/asli. Anda bukan tiruan dari orang lain. Seperti kata pepatah, “Just Be Yourself. Yakinlah diri Anda sendiri, bahwa diri Anda mampu, diri Anda pasti bisa. Jangan pernah mengubah jati diri Anda.

Yang kedua : unique/unik. Pastikan Anda mempunyai sesuatu yang unik, sesuatu yang menjadi kelebihan Anda sehingga Anda bisa “dilirik” oleh orang banyak. . Seperti sapi ungu yang unik, yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Mungkin bila Anda melihat sapi ungu, Anda akan segera turun dari mobil Anda, berfoto-foto dengan sapi itu dan memamerkan foto itu kepada teman-teman Anda. Tapi bila itu hanya seekor sapi coklat, tidak mungkin Anda akan berfoto-foto dengannya karena Anda hanya akan ditertawakan orang lain.

Yang ketiga : promising/menjanjikan. Hal ini berarti manfaaat yang akan diperoleh. Seperti ketika Anda sedang diinterview saat melamar suatu pekerjaan. Anda akan ditanya, “Apa yang akan perusahaan saya dapatkan dari Anda?”  Kapanpun Anda akan melakukan sesuatu pasti Anda akan berpikir mengapa Anda melakukannya? Dan apa yang akan saya dapatkan jika saya melakukannya.

 “Be authentic, unique, and promising.”

Iklan

Mari Berdiskusi, dear GIFTed people :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s