Prioritas !

Pernahkah kita berharap ingin memiliki lebih banyak waktu dalam satu hari? Apakah lembur menjadi hal biasa bagi kita? Pernahkah kita berharap memiliki waktu lebih untuk melakukan hal-hal yang kita inginkan? Terkadang kita merasa kesal dan merasa bersalah karena tidak punya cukup waktu untuk diluangkan kepada keluarga.

Jangan khawatir. Ada solusi untuk masalah ini, dan itu jauh lebih mudah daripada yang kita bayangkan. Hanya membutuhkan penyesuaian diri dalam menggunakan waktu kita sebaik mungkin. Bukan hanya mengatur waktu kita secara efektif dan efisien, namun solusi ini dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik.

Pertama, ada 24 jam per hari. Ini adalah fakta dan kita tidak bisa mengubahnya menjadi 23 jam atau 25 jam per hari. Yang ada adalah kita yang mengatur waktu kita sendiri. Ini adalah langkah awal dimana kita membedakan mana hal yang penting dan mana hal yang darurat. Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam mengatur waktu, yaitu :

  1. Pekerjaan yang darurat dan penting
  2. Pekerjaan yang penting namun tidak darurat
  3. Pekerjaan yang darurat namun tidak begitu penting
  4. Pekerjaan yang tidak darurat dan tidak begitu penting

Oleh karena itu, penting apabila kita mengevaluasi hal yang penting dan darurat. Dan dipikirkan juga konsekuensinya jika kita mengabaikan atau menunda pekerjaan itu. Apabila pekerjaan tersebut tidak mempunyai konsekuensi tinggi maka tidak begitu penting. Namun apabila pekerjaan tersebut darurat dan berkonsekuensi tinggi maka itu harus diutamakan.

Kedua, buatlah jadwal sehari-hari kita, apa yang kita lakukan, apa yang kita capai hari ini. Atau kita bisa juga membuat agenda dengan menuliskan apa yang ingin kita capai setiap bulannya, dan apa yang mau kita capai dalam satu tahun. Pastikan target yang kita buat tersebut masuk akal dan bisa dicapai. Karena untuk mencapai target yang kita inginkan, semuanya membutuhkan waktu dan proses. Dan inilah cara yang tepat untuk membantu proses pencapain target.

Ketiga, ketika kita mendapatkan banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tanamkan motto “Kerjakan Sekarang, Lebih Cepat Lebih Baik!”. Tidak ada gunanya apabila kita mengeluh, marah ataupun menunda pekerjaan. Kerjakanlah sekarang!

Keempat, minimalisirkan hal-hal yang membuang waktu. Mungkin kita suka bermain game, tapi cobalah delegasikan tugas-tugas kita. Ada waktunya bekerja, santai, berkumpul bersama keluarga, kuliah, dan lain-lain.

Cobalah atur waktu kita seefisien dan seefektif mungkin. Evaluasi pekerjaan yang penting dan darurat, buat jadwal, kerjakan sekarang, dan bagilah waktu kita dengan meminimalisirkan hal-hal yang membuang waktu. Dengan begitu hidup kita akan lebih teratur, disenangi orang sekitar dan otomatis akan mendekatkan kita pada tujuan hidup kita masing-masing.

Semangat !!

Iklan

Mari Berdiskusi, dear GIFTed people :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s