Gema !

Dikisahkanlah, seorang anak yang senang sekali bermain-main di pantai dan suka mendaki gunung. Pada suatu hari ketika si anak bermain-main bersama teman-temannya mendaki gunung di desanya, ia mendapati sebagian temannya tertinggal jauh di belakang karena si anak memang terkenal lebih lincah dari yang lainnya. Si anak itu pun kemudian berteriak, “Ayo cepat!”. Segera setelah itu, terdengar suara balasan, “Ayo cepaattt…!”

Si anak mulai kelihatan bingung. Ia kemudian bertanya dalam hati siapa yang membalasnya, padahal semua temannya tidak ada yang berteriak.

Si anak mencoba berteriak kembali, “Siapa kamu?” Segera setelah itu pula, terdengar lagi suara balasan, “Siapa kammuuu…”

Sang anak menjadi lebih heran kali ini. Dengan rasa penasaran yang mengikat dirinya, ia melanjutkan perjalanan mendaki gunung bersama teman-temannya.

Setelah selesai mendaki gunung, si anak pun langsung pulang ke rumah. Si anak kemudian bertanya kepada ayahnya, “Pa, tadi aku mendaki gunung bersama teman-teman. Di tengah jalan, aku berteriak kepada teman-teman yang tertinggal jauh di belakang, ‘Ayo cepat!’ Lalu saya mendengar seseorang berteriak dengan menggunakan kata-kata yang sama denganku, ‘Ayo Cepaattt!’. Papa tahu gak itu suara siapa?”

Ayahnya menjawab, “Itu dinamakan gema, Nak. Itu terjadi karena adanya pantulan suara-suara di antara gunung-gunung lain yang ada di sekitarmu. Jadi, apabila kamu berteriak, maka suara kamu akan terdengar kembali.
Hal yang serupa juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita, Nak. Apabila kamu memberikan sesuatu yang baik kepada orang lain, maka kamu akan mendapat kebaikan juga. Dan apabila kamu memberikan kejahatan kepada orang lain, maka yang akan kamu terima adalah kejahatan pula.

Iklan

Mari Berdiskusi, dear GIFTed people :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s